Pages

www.toko-alkes.com

Macam Pemeriksaan Kehamilan

Rabu, 03 Oktober 2012

Keperawatan1.blogspot.com/2012/10/macam-pemeriksaan-kehamilan.html">Macam Pemeriksaan Kehamilan - Macam Jenis Pemeriksaan Kehamilan Kehamilan adalah sebuah proses yang dialami setiap wanita yang telah Allah tentukan untuk bisa mempunyai anak serta buah hati. Berbagai macam cara seringkali dilakukan oleh pasangan suami istri yang belum dikarunia anak setelah sekian lama menikah. Berbagai macam cara tips cepat hamil juga telah banyak dilakukan untuk bisa membuahkan sebuah kehamilan. Untuk mengetahui bagaimana cara tips cepat hamil sahabat bisa membacanya di Keperawatan1.blogspot.com/2012/09/cara-trik-cepat-hamil.html" target="_blank">tips trik cepat hamil

Nah bagi wanita pada umumnya yang tidak mengalami "kesulitan mempunyai keturunan" tentunya juga harus banyak bersyukur atas nikmat sehat tersebut. Dan salah satu cara Keperawatan1.blogspot.com/2012/09/mensyukuri-nikmat-sehat.html" target="_blank">mensyukuri nikmat sehat bagi ibu hamil adalah dengan memeriksakan kehamilannya secara rutin. Karena manfaat pemeriksaan kehamilan itu sendiri banyak baik itu untuk sang ibu hamil itu sendiri atau pun janin yang sedang dalam kandungannya. Bagi tiap ibu hamil yang menginginkan kehamilan sehat maka pemeriksaan kehamilan ini adalah salah satu point pentingnya.

Keperawatan1.blogspot.com/2012/10/macam-pemeriksaan-kehamilan.html">Pemeriksaan KehamilanKeperawatan.jpg" width="190"Title="Pemeriksaan Kehamilan" />

Pentingnya pemeriksaan kehamilan itu sendiri adalah karena dalam proses pemeriksaan kehamilan itu sendiri akan bisa memonitoring secara keseluruhan keadaan kesehatan, kondisi ibu hamil dan juga janinnya. Dengan pemeriksaan kehamilan kita dapat mengetahui perkembangan kehamilan, tingkat kesehatan kandungan, kondisi janin, dan bahkan penyakit atau kelainan pada kandungan yang diharapkan dapat dilakukan penanganan secara dini.

Pemeriksaan kehamilan juga bermanfaat untuk mengetahui asupan gizi yang dibutuhkan oleh bayi agar semua kebutuhan nutrisinya selama dalam kandungan bisa tercukupi dengan baik dan optimal. Pemeriksaan kehamilan juga berfungi untuk bisa mendeteksi adanya berbagai masalah yang berkaitan dengan masa kehamilan yang sering muncul selama masa kehamilan, dan juga untuk bisa menghindari Keperawatan1.blogspot.com/2012/06/kehamilan-resiko-tinggi.html" target="_blank">kehamilan resiko tinggi.

Lantas macam pemeriksaan kehamilan apa saja yang biasanya dilakukan pada seorang ibu hamil, atau jenis pemeriksaan kehamilan apa saja yang dilakukan tenaga kesehatan baik itu dokter, bidan atau tenaga kesehatan yang kompeten dalam bidang obstetri dan ginekologi.

Berikut beberapa pemeriksaan kehamilan dan diantaranya yaitu :
  1. Pemeriksaan Berat Badan. Bila kita berkunjung ke tenaga kesehatan baik itu dokter kebidanan dan kandungan atau pun seorang bidan pada saat hamil maka yang pertama kali dilakukan adalah dengan pemeriksaan berat badan ini (timbang badan). Tujuan pemeriksaan kehamilan ini adalah untuk mengetahui peningkatan berat badan ibu hamil dalam setiap bulannya. Bila berat badannya naik secara normal dan tidak ada peningkatan berat badan berlebihan maka itu salah satu indikasi kehamilan sehat juga.
  2. Pemeriksaan Perut. Pemeriksaan kehamilan ini selalu dilakukan setiap kali kontrol dan memeriksakan ibu hamil. Tujuan pemeriksaan perut pada kehamilan adalah melihat posisi atas rahim, mengukur pertumbuhan janin, dan mengetahui posisi janin. Karena posisi janin juga berubah sesuai dengan umur kehamilan.
  3. Pemeriksaan Detak Jantung Janin. Pemeriksaan ini bila dilakukan oleh seorang dokter kandungan atau pun bidan dilakukan dengan cara yang dinamakan tehnik doopler. Atau juga bisa dengan alat USG kehamilan. Mengetahui detak jantung janin ini juga berfungsi dan bermanfaat untuk mengetahui apakah janin dalam kondisi sehat atau pun tidak.
Lalu kapan pemeriksaan kehamilan ini dilaksanakan dan dilakukan. Pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan yang berkompeten contohnya adalah melalui dokter kandungan atau pun bidan dengan minimal pemeriksaan 3 kali selama kehamilan yaitu pada usia kehamilan trimester pertama, trimester kedua dan pada kehamilan trimester ke tiga, itupun jika kehamilan normal. Namun ada baiknya pemeriksaan kehamilan dilakukan sebulan sekali hingga usia 6 bulan, sebulan dua kali pada usia 7 - 8 bulan dan seminggu sekali ketika usia kandungan menginjak 9 bulan.

Pemeriksaan kehamilan ini pula bila di masyarakat pedesaan dikenal dengan ANC (Ante Natal Care) Pengertian antenatal care ini adalah kunjungan ibu hamil dengan tenaga kesehatan untuk mendapatkan pelayanan ANC sesuai standar yang ditetapkan. Istilah kunjungan disini tidak hanya mengandung arti bahwa ibu hamil yang berkunjung ke fasilitas pelayanan, tetapi adalah setiap kontak tenaga kesehatan baik diposyandu, pondok bersalin desa, kunjungan rumah dengan ibu hamil tidak memberikan pelayanan ANC sesuai dengan standar dapat dianggap sebagai kunjungan ibu hamil.

Demikian yang sedikit sahabat mengenai pemeriksaan kehamilan dan juga ANC (Ante Natal Care) dan semoga dengan kita mengetahui akan manfaat pemeriksaan kehamilan ini baik itu bagi ibu hamil sendiri maupun sang janin maka kita tidak menyepelekan akan pentinga pemeriksaan kehamilan ini. Dan semoga pula dengan melakukan pemeriksaan kehamialn secara teratur kesehatan ibu dan janin senantiasa terpantau dengan baik dan bila ditemukan adanya suatu kelainan bisa segera dapat ditangani dengan baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

www.toko-alkes.com

Most Reading

Toko Alkes

Tags